Thursday, May 4, 2017

Strategi pemerintahan jokowi dalam menurunkan tingkat kemiskinan


.Pemerintahan jokowi dan pemberantasan kemiskinan

      Kemiskinan merupakan masalah classic yang sulit untuk dikurangi di setiap periode pemerintahan di negri kita ini. Indonesia kini sedang berusaha menekan angka kemiskinan di bawah angka 10%  lalu langkah apa yang harus dilakukan pemerintahan jokowi sebagai langkah untuk mengurangi tingkat kemiskinan yang ada di bumi indonesia ini?

     Indonesia sebagai bangsa yang besar masih memiliki tingkat kemiskinan 28,01 juta jiwa atau sekitar 10% menurut data statistik ,angka statistik indonesia yang cukup besar dan ini menjadi pekerjaan rumah untuk pemerintah dari tahun ke tahun untuk itu pemerintahan saat ini sedang berusaha untuk menurunkan angka tingkat kemiskinan di indonesia.
         


 Langkah-langkah yang akan di ambil di pemerintahan jokowi yaitu

1. Bantuan tunai bersyarat

Masyarakat bisa mendapatkan bantuan tunai dengan beberapa syarat yang harus di penuhi. Program ini di harapkan bisa memperbaiki taraf hidup masyarakat program ini termasuk program keluarga harapan (PKH)

2. Memperbaiki kebijakan penyaluran raskin.

Raskin(beras untuk warga miskin) ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap warga yang kurang mampu tapi bagaimana bila beberapa kebijakan penyaluran membuat penyaluran raskin tidak tepat sasaran . Banyak warga yang seharusnya mendapatkan raskin tapi ia tidak mendapatkannya itulah kenapa pemerintahan jokowi ingin memperbaiki kebijakan penyaluran raskin agar raskin tepat sasaran.
3. Penyediaan layanan kesehatan (KIS)

Layanan kesehatan memang lumrah dari era kepemimpinan satu dan yang lain tapi apa yang membedakan. Yang membedakan adalah seluruh masyarakat dapat menggunakan sesuai premi tanpa mengurangi penanganan dan pelayanan medis.diharapkan warga yang ingin berobat bisa segera ditangani tanpa tersandung biaya dan juga kesehatan warga terjamin.

4. Bantuan pendidikan

Melalui perantara kartu indonesia pintar (KIP)  

Beasiswa pendidikan ini diperuntukan bagi warga kurang mampu khususnya di setiap jenjang pendidikan berbeda nominal bantuannya dari sd,smp, dan sma dimaksudkan agar dana yang diberikan bisa dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan sekolah
.
5. Pemberian kartu keluarga sejahtera (KKS) 

Kartu ini diperuntukan bagi rumah tangga miskin yang diharap bisa membantu perekonomian keluarga.

6. Perbaikan infrastruktur darat dan laut.

Untuk perbaikan perekonomian harus di barengi dengan perbaikan infrastruktur agar mobilitas perekonomian berjalan lancar baik dari darat maupun laut . Pemerataan perbaikan infrastruktur di darat maupun laut jika infrastruktur bagus maka mobilitas perekonomian akan berjalan dengan lebih baik.

7. Penyelesaian masalah lahan petani .

Hal yang dilakukan adalah dengan pen sertifikasi lahan - lahan pertanian yang dimaksudkan bukan hanya untuk keamanan melainkan agar sertifikat dapat dimasukkan ke bank sebagai modal para petani.

8. Penurunan bunga kredit usaha rakyat 

Dengan menurunnya bunga kredit diharapkan dapat mempermudah nasabah dalam melakukan kredit .
Bunga kredit yang awalnya 22% telah diturunkan menjadi 9% .

9. Kemudahan petani dalam mengolah lahan.

Kementrian pupr dan kementrian pertanian sedang berkolaborasi dalam menyediakan sarana dan prasarana pertanian.

10. lima aplikasi solusi petani.

Kemenkominfo dan kemendag telah berasil membuat aplikasi yang dapat menjadi solusi para petani dalam berbagai hal mulai dari prasarana pertanian ,pemasaran, harga dan masih banyak yang lain. 

      Pemerintah saat ini tengah berusaha keras menanggulangi kemiskinan. Pemerintahpun sedang berhemat dalam anggaran . Anggaran harus dimanfaatkan dengan tepat sehingga dapat terjadi pemerataan ekonomi di bumi indonesia ini.





Intinya adalah apapun upaya pemerintah dalam melakukan pemerataan ekonomi pemberantasan kemiskinan kita harus mendukung dan bukan hanya mendukung tetapi menjalani kebijakan-kebijakan yang di berlakukan pemerintah . Indonesia tidak akan berubah jika tidak kita memulainnya  .  salam jaya untuk para pembaca kenali indonesia dalam angka.

No comments:

Post a Comment